Produk

Senin, 02 April 2018

Mencari Kebenaran




Pemikiran Setiap Manusia Berbeda-beda

Ya, pemikiran setiap manusia berbeda-beda, sesuai dengan teori Gordon Alport yang mengatakan bahwa, setiap manusia itu berbeda dengan manusia yang lain. Hal itu dikarenakan kepribadian atau bentuk tingkah laku manusia dipengaruhi oleh lingkungan di mana ia tinggal.

Manusia itu unik. Manusia yang terlahir dengan keunikan tersebut akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang unik juga, tetapi kadang pemikiran-pemikiran yang unik itu menghasilkan sebuah kontradiksi antara manusia satu dengan yang lain. Itu pula yang menyebabkan pertentangan antar manusia, gesekan-gesekan dengan yang lainnya, bahkan sampai benturan dengan manusia lain. Biasanya yang seperti ini terjadi di stuktur masyarakat yang terbagi kedalam kelas-kelas sosial.

Semua punya pemikiran sendiri, semua punya kebenaran sendiri.
Sebenarnya kebenaran itu adalah hal yang relative, tidak ada kebenaran muthlak, tak ada kebenaran tunggal. Bahkan kadang kita menolong orang yang sedang susah pun masih belum bisa dianggap sebagai kebenaran. Itu masih bisa dianggap salah. Yang menganggap salah bisa saja dari orang sekitar kita, orang lain di lingkungan kita, bisa saja orang yang tak di kenal. Karena pemikiran mereka tidak sama dengan pemikiran kita. Jadi memang kebenaran muthlak hanya milik sang pencipta saja. Dan yang dikatakan kebenaran oleh manusia itu sebenarnya hanya merupakan “pembenaran atas pemikiran sendiri”.


"seperti awan putih yang menyelimuti, ataupun awan hitam yang menutup langit, semua punya alasan masing-masing"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Manusia dan Impian

Tentang Manusia dan Impian Manusia pada dasarnya dilahirkan dari impian orang tuanya untuk mempunyai anak, dan  setelah itu dibesarkan...